Monday 7 November 2016

Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer

Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer

Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer, Permasalahan yang sering terjadi pada printer infus adalah adanya rongga udara dalam selang yang nantinya menyebabkan hasil cetakan tinta tidak keluar. Memang sebetulnya merupakan masalah yang sepele hanya karena kemasukan udara dalam selang tersebut. Udara yang masuk disebabkan oleh beberapa hal seperti terlambat mengisi tinta infus atau terjadinya kebocoran pada saluran tinta. Jika masih terdapat udara tersebut di selang akan mengganggu tinta saat keluar melalui head print. Hasil cetakan akan tampak kosong sebelah atau bahkan menjadi tidak terlihat. Untuk cara menghilangkan rongga udara di selang infus printer bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tentunya anda perlu melakukannya dengan benar agar terhindar dari kerusakan yang lainnya.
Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer

Cara Pertama
Untuk cara pertama lebih mudah dan aman karena menggunakan fasilitas cleaning dari printer tersebut. Fasilitas software nantinya akan otomatis melakukan cleaning dan deep cleaning pada pinter dengan yang terdapat rongga udara tersebut. Berikut cara melakukannya :
  1. Klik start, lalu pilih device and printer (jika tidak ada anda bisa klik start, pilih control panel, lalu pilih device and printer)
  2. Setelah itu akan tampak beberapa perangkat yang terkoneksi dengan komputer anda, selanjutnya klik kanan pada printer yang ada rongga udaranya lalu pilih properties
  3. Pindah ke tab maintenance kemudian pilih cleaning dan deep cleaning.
  4. Berikan jeda antara cleaning dan deep cleaning sekitar 5 menit agar headprint tidak panas
  5. Setelah selesai lihat kembali apakah rongga udara masih ada dalam selang infus tersebut
Pada proses cleaning dan deep cleaning akan menyedot tinta beserta rongga udara yang masih ada dalam selang. Rongga udara tersebut akan terbuang juga saat deep cleaning berlangsung. Cara tersebut merupakan cara aman dan tidak beresiko terhadap printer infus anda.

Cara Kedua
Cara ini menggunakan metode langsung menyedot udara dengan menggunakan barang lain bisa suntikan atau penyedot. Bahan yang diperlukan adalah tinta, suntikan 2 buah, dan tisu. Untuk melakukannya cukup mudah dengan mengikuti langkah berikut ini :
  1. Lepaskan ujung selang yang menuju cartridge dan buka penutup udaranya
  2. Buka penutup karet pada tabung dan masukkanmasukkan suntikan ke dalam lubang tabung isi tinta
  3. Pompa dengan menggunakan suntikan tersebut agar tinta tertekan masuk ke selang infus
  4. Setelah rongga udara hilang dan selang infus penuh dengan tinta anda bisa memasukkan ujungnya lagi ke cartridge.
  5. Lepaskan suntikan dan pasang penutup karet pada tabung isi tinta tersebut
Cara kedua ini memang sedikit beresiko tetapi ampuh untuk menghilangkan rongga udara di selang infus printer. Anda bisa melakukannya dengan bahan lain yang fungsinya sama.
Demikian tips seputar printer mengenai Cara Menghilangkan Rongga Udara di Selang Infus Printer yang dapat pembaca seputarprinter.com ikuti saat mendapatkan masalah tersebut. Semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment