Monday 7 November 2016

10 Cara Merawat Printer agar Pemakaian Tetap Awet

10 Cara Merawat Printer agar Pemakaian Tetap Awet

Printer kini menjadi salah satu perangkat penting yang tidak hanya dibutuhkan oleh instantsi perusahaan ataupun supermarket saja. Namun, printer kini semakin dibutuhkan bagi kalangan yang melakukan usaha percetakan. Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat banyak orang bergelut dalam usaha percetakan. Mulai dari percetakan sablon, percetakan foto, percetakan undangan, hingga percetakan dengan media keras seperti mug, ataupun aksesoris lainnya. Bisnis percetakan memang memiliki prospek yang sangat bagus sehingga mampu membuat seseorang kian tergiur untuk menekuninya. Dengan menggunakan printer yang berkualitas maka hasil cetakan yang dihasilkan juga berkualitas.
Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak dokumen baik itu gambar ataupun teks dengan menggunakan media kertas ataupun media lainnya. Printer terdapat dengan berbagai merk yang memiliki spesifikasi dan harga pasaran yang berbeda. Dari banyaknya merk dan spesifikasi ini akan memudahkan banyak kalangan dalam memilih. Printer ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah printer laser jet, printer inkjet, dan printer dot matrix.
Sebagai pemilih printer anda harus bisa merawat printer ini supaya tetap awet. Berikut adalah cara merawat printer supaya tetap awet :
Tips Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama


Tips dan Cara Merawat Printer agar Tahan Lama

  1. Gunakan printer secara teratur, jadi usahakan untuk gunakan printer setiap hari. Karena dengan menggunakan printer secara teratur akan menjaga aliran tinta tetap baik sehingga mampu membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Rawat printer secara berkala dan usahakan untuk melakukan test printer seminggu sekali.
  2. Menjaga kebersihan printer, selain merawat kinerja printer anda juga harus membersihkan printer secara berkala. Minimal dua kali dalam satu minggu. Jauhkan printer dari tempat yang berdebu jadi gunakan pelindung baik itu plastik ataupun kain supaya terhindar dari debu.
  3. Mengganti tinta printer, hal ini harus dilakukan jika tinta sudah mau habis. Jadi, jangan sampai kekurangan tinta karena bisa membuat printer menjadi eror. Perlu diperhatikan ketika mengganti bagian catridge karena bagian ini sangat sensitif maka jangan menyentuh bagian elektrik catridge dengan jari. Bersihkan menggunakan tisu halus. Cara ini akan membuat catridge menjadi lebih awet dan tahan lama.
  4. Matikan printer ketika tidak digunakan, setelah menggunakan jangan lupa untuk mematikan printer. Matikan printer secara benar dengan menekan tombol power (on/off) pada mesin printer. Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power namun cukup menekan tombol on/off. Karena dengan menekan tombol power maka secara otomatis printer akan melakukan pembersihan permukaan head sebelum perangkat ini off.
  5. Gunakan kertas yang bersih, untuk mencetak baik teks atau gambar anda harus menggunakan kertas yang bersih supaya printer ini tetap awet. Karena, ketika menggunakan kertas berdebu dan kotor bisa membuat roll penarik menjadi kotor dan lama kelamaan akan menyebabkan aus sehingga printer lebih cepat rusak.
  6. Perhatikan cara mencetak, pastikan anda menggunakan kertas yang halus dan masukkan secara rapi supaya tidak selip. Penataan kertas yang kurang rapi akan menyebabkan kerusakan roller pada printer.
  7. Manfaatkan fitur Clean Head pada printer properties secara berkala, cara ini untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.
  8. Sebaiknya menggunakan tinta refill yang telah direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkualitas.
  9. Disarankan tidak membongkar casing printer jika belum ahli, karena kesalahan sedikit akan menyebabkan kerusakan
  10. Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
Itulah beberapa tips singkat untuk merawat printer supaya tetap awet dan tahan lama. Cara-cara diatas bisa dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak biaya. Kekreatifan dari diri andalah yang bisa dijadikan patokan awet atau tidaknya perangkat printer. Jadi, sebagai pemilik printer anda harus memahami cara merawat printer supaya awet. Kuncinya printer ini akan tetap awet ketika anda telaten dalam merawatnya.

No comments:

Post a Comment